Home Pendidikan Upacara Perdana Setelah 2 Tahun Tidak Dilaksanakan karena Covid 19

Upacara Perdana Setelah 2 Tahun Tidak Dilaksanakan karena Covid 19

Upacara Perdana Setelah 2 Tahun Tidak Dilaksanakan karena Covid 19

429
0
SHARE
Upacara Perdana Setelah 2 Tahun Tidak Dilaksanakan karena Covid 19

SMKN 4 Kota Bengkulu-Unggul dan berkarakter. Semenjak pandemi covid 19 melanda Indonesia dan dunia, semenjak itu pula semua aktivitas pendidikan menjadi terbatas bahkan sebagian dihentikan. Sekarang setelah 2 tahun berlalu semua semakin membaik, curva penderita covid pun semakin melandai. Tatap muka sudah bisa dilaksanakan meskipun terbatas dan tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Alhamdulillah hari ini upacara bendera sudah bisa dilaksanakan lagi dengan kapasitas 50 % dilapangan sekolah. Lapangan biru ini akhirnya bisa menjadi tempat pelaksanaan upacara bendera. 

Upacara bendera merupakan salah satu kegiatan penting yang sering dilakukan di sekolah. Umumnya, upacara bendera dilaksanakan pada hari Senin dan hari-hari tertentu, seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Meskipun sudah sering dilakukan, namun tidak sedikit pelajar yang belum mengerti tujuan upacara itu sendiri.

Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2018 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah, upacara bendera di sekolah merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang mencakup nilai-nilai penanaman sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan tanggung jawab. Dengan begitu, hal ini dapat mendorong lahirnya sikap dan kesadaran berbangsa dan bernegara serta cinta tanah air di kalangan peserta didik.

Salah satu poin penting tujuan upacara bendera ialah menumbuhkan rasa nasionalisme anak bangsa. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang harus melekat selama negara ini masih berdiri. Oleh karena itu, upacara bendera menjadi salah satu kegiatan penting untuk membentuk karakter bangsa.

SMK Bisa SMK Hebat, Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia.