Home Pendidikan SMKN 4 KOTA BENGKULU SEBAGAI SMK PUSAT KEUNGGULAN (CENTRE OF EXCELENT(COE))

SMKN 4 KOTA BENGKULU SEBAGAI SMK PUSAT KEUNGGULAN (CENTRE OF EXCELENT(COE))

SMK COE

136
0
SHARE
SMKN 4 KOTA BENGKULU SEBAGAI SMK PUSAT KEUNGGULAN (CENTRE OF EXCELENT(COE))

CENTRE OF EXCELENT(COE)

Revitalisasi SMK dengan program dan strategi yang diterapkan mulai tahun 2020 ini bertujuan menyelesaikan semua hambatan, kekurangan dan permasalahan yang ada di sekolah sampai tuntas atau disebut “multiple treatments”, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang menghasilkan lulusan sesuai dengan
tuntutan dinamika ketenagakerjaan tersebut diatas.
Revitalisasi SMK pada hakikatnya merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja sekolah agar mencapai level tingkatan tertinggi atau unggul, dan karenanya layak disebut sebagai pusat keunggulan atau Center of Excellence (COE). Tingkatan keunggulan satu sekolah diukur dengan melihat capaian dari setiap komponen terkait dan saling mempengaruhi satu sama lain yang secara kumulatif mencerminkan status atau tingkat keunggulan suatu sekolah. Komponen tersebut adalah; 1) Input, 2) Proses, 3) Output, 4) Outcome dan 5) Impact.

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan COE SMK
        Bantuan Pemerintah Fasilitasi SMK Yang Dikembangkan Menjadi Pusat Keunggulan (Center of Excellence) Prioritas sektor Ekonomi Kreatif merupakan upaya menstimulasi Pemerintah Daerah Provinsi dalam:
1.    Meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan kejuruan SMK sesuai dengan standar kebutuhan kompetensi keahlian dan standar IDUKA sektor Ekonomi Kreatif, sehingga menjadi Pusat Keunggulan yang  lebih berkualitas dan berdaya saing.  
2.    Terpenuhinya aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan dari prasyarat teknis fasilitas pendidikan kejuruan, oleh pengguna dan pengelola SMK sesuai dengan kebutuhan IDUKA sektor Ekonomi Kreatif. 
3.     Membangun citra baru SMK dengan menciptakan proses pembelajaran praktik kejuruan yang berkualitas sehingga dapat menjadi sekolah penggerak bagi pengembangan SMK lainnya sesuai dengan kebutuhan IDUKA sektor Ekonomi Kreatif